Designed by:
SiteGround web hosting Joomla Templates

Tentang Kami PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 05 May 2010 05:52

Sekilas PPSW Borneo

 

Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita atau PPSW didirikan pada tahun 1986 di Jakarta sebagai badan pelaksanan dari Yayasan An-Nisa Indonesia. Sejak tahun 1998 PPSW menjadi lembaga mandiri dengan badan hukum Yayasan PPSW. Wilayah kerja PPSW : DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat. Namun sesuai dengan perkembangannya, sejak Maret 2003, lembaga swadaya masyarakat yang berkedudukan di Jakarta ini beralih badan hukumnya menjadi Perkumpulan PPSW. Sejak tahun 2006 PPSW melakukan perubahan manajemen dengan mengembangkan kelembagaan secara otonomi penuh kepada masing-masing lembaga untuk mengembangkan wilayahnya masing-masing termasuk yang berada di Kalimantan Barat. Untuk itu PPSW yang berada di Kalimantan Barat mengembangkan diri menjadi Lembaga PPSW Borneo yang melakukan aktivitasnya sejak tahun 1998.

 

Tujuan utama PPSW Borneo adalah pemberdayaan perempuan khususnya yang berada di strata sosial ekonomi terendah dalam masyarakat yang terkonsentrasi di daerah kumuh perkotaan dan daerah pedesaan.

 

Visi dan Misi

 

Visi PPSW Borneo adalah pemberdayaan perempuan dan transformasi sosial bagi status dan peran perempuan dalam masyarakat melalui peningkatan akses dan kontrol perempuan terhadap sumber daya yang ada pada dirinya, guna menciptakan tatanan masyarakat yang lebih egaliter, demokratis dan berkeadilan gender.

 

Misi PPSW adalah peningkatan taraf hidup, pengetahuan dan kemampuan perempuan di tingkat basis, mengembangkan kapasitas kelembagaan lokal bagi perempuan dan kepemimpinan perempuan dengan pendekatan desentralisasi sumber daya.

 

Pendekatan dan Strategi

 

Metode pengorganisasian masyarakat yang ditawarkan oleh PPSW Borneo, menggunakan beberapa konsep dasar di bawah ini:

  • Pendekatan kemanusiaan yang berperspektif kesetaraan jender dengan membangun kesadaran kritis terhadap laki-laki dan perempuan.
  • Mengakomodasi dan menghargai ide yang berasal dari masyarakat (Bottom Up).
  • Mendorong partisipasi dari seluruh masyarakat untuk berkontribusi dalam mengambil keputusan.
  • Memfasilitasi proses belajar dan tukar pengalaman dengan masyarakat.
  • Mengembangkan organisasi lokal, antara lain menawarkan prinsip pra-Koperasi, kegiatan advokasi dan membangun kekuatan kolektif (Jaringan).

 

Kegiatan

PPSW Borneo menerapkan beberapa pendekatan sesuai kebutuhan dan situasi masyarakat. Pada tahap awal umumnya PPSW Borneo menerapkan pola pengorganisasian kelompok masyarakat perempuan dengan aktivitas ekonomi sebagai pintu masuk.

 

Pelatihan

 

PPSW Borneo memfasilitasi berbagai pelatihan bagi masyarakat, mitra dan lembaga-lembaga lain yang membutuhkan. Pelatihan yang diberikan berkaitan dengan keterampilan teknis, manajerial dan pengembangan diri.

 

Program Kerja

 

Fokus pendampingan PPSW Borneo meliputi:

  • Sosial Ekonomi
  • Kesehatan Reproduksi
  • Hukum (KDRT/ TKW Trafiking)
  • Pendidikan Politik
  • Lingkungan
  • Pendidikan
  • Media Rakyat

 

Penelitian

 

Penelitian dilakukan sebagai penunjang kegiatan pengorganisasian masyarakat dan untuk pengembangan lembaga. Persoalan yang berkaitan dengan kepentingan perempuan menjadi fokus penelitian PPSW Borneo.

 

Seminar dan Lokakarya

 

PPSW Borneo memfasilitasi berbagai seminar dan lokakarya tingkat lokal, nasional dan regional, sebagai bagian dari upaya advokasi. Persoalan yang berkaitan dengan kepentingan perempuan menjadi fokus seminar dan lokakarya yang diorganisir dan difasilitasi oleh PPSW.

 

Kredit Mikro

 

PPSW Borneo menyediakan kredit mikro dalam bentuk koperasi dan pra koperasi melalui pinjaman modal usaha produktif untuk kelompok-kelompok dampingan dan individu sebagai bagian dari program penguatan ekonomi untuk perempuan di tingkat basis dan Koperasi Simpan Pinjam “La Rose”.

Last Updated on Wednesday, 05 May 2010 05:59
 

Translator

English French German Italian Portuguese Russian Spanish
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini27
mod_vvisit_counterKemarin9
mod_vvisit_counterMinggu ini57
mod_vvisit_counterMinggu lalu85
mod_vvisit_counterBulan ini279
mod_vvisit_counterBulan lalu239
mod_vvisit_counterTotal318714

We have: 18 guests online
Your IP: 54.81.197.127
 , 
Today: Sep 20, 2017